Sabtu, 25 Juni 2016

Tips Memilih Kos-Kosan di Jatinangor

Jatinangor merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Sumedang. Daerah ini terkenal karena menjadi pusat pendidikan, khususnya Pendidikan Tinggi. Tercatat beberapa Perguruan Tinggi berada di daerah ini, yaitu Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Koperasi Indonesia, dan Institut Pendidikan Dalam Negeri.
            Banyaknya kampus di Jatinangor membuat kebutuhan atas tempat tinggal mahasiswa semakin tinggi, baik berupa kos-kosan, apartemen, atau rumah. Di post ini saya akan membagi beebrapa tips yang saya dapat dari pengalaman saya dan beberapa teman, yang diharapkan dapat membantu teman-teman pembaca dalam memilih Kos-Kosan di Jatinangor.


1.        Jarak ke Kampus

sumber: hypersonic55.wordpress.com
kasi kos-kosan harus dipertimbangkan dengan matang, terlebih bagi kamu yang merupakan maba (mahasiswa baru) karena pada saat Masa Orientasi, mahasiswa tidak diperkenankan untuk membawa kendaraan sehingga apabila tempat kos dekat dengan kampus, maka akan memudahkan masa awal kuliah. Selain itu juga akan menghemat ongkos, bensin, energi dan yang paling utama adalah menghemat waktu.



2.        Jalan Menuju Kos-Kosan
sumber: http://www.indonesiainfrastructurenews.com/
Bagi kamu yang berencana membawa kendaraan ketika kuliah, hal yang satu ini perlu dipertimbangkan. Tidak semua daerah kos-kosan memiliki jalan yang dapat dilalui dengan mobil. Pilihlah kos-kosan yang memiliki jalan utama setidaknya muat untuk 1 mobil, karena walaupun kamu tidak berencana membawa mobil ke kampus, tapi hal ini akan mempermudah saat pemindahan barang ke tempat kos. Selain itu, ke depannya akan memudahkan teman yang membawa mobil ketika akan berkunjung ke tempat kos kamu.


3.        Tempat Parkir
sumber: www.preapps.com
Tempat Parkir merupakan salah satu fasilitas kos-kosan yang harus diperhatikan. Jika tempat parkir kos-kosan sempit, maka ada kemungkinan bahwa selain penghuni kos dilarang untuk menyimpan kendaraannya di tempat tersebut. Tentunya hal ini berdampak jika ada teman yang berkunjung dan membawa kendaraan maka akan kesulitan untuk menyimpan kendaraannya. Tempat parkir yang luas juga akan memudahkan kamu ketika akan keluar/masuk kos-kosan.


4.        Tempat Makan
sumber: http://kadiuniversity.com/

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap mahasiswa tentunya butuh makan. Maka dari itu pilihlah tempat kos yang dekat dengan tempat yang menyediakan makanan. Selain itu, usahakan tempat makan tersebut dapat mengantarkan makanan ke kosan kamu, karena suatu saat aka nada masanya ketika kamu mager (males gerak) untuk pergi mencari makanan. Selain mager, faktor lain mencari tempat makan yang dapat mengantar makanan ke kosan adalah cuaca sedang hujan atau malam hari. Terutama bagi kamu seorang muslim, carilah kos-kosan dekat rumah makan yang buka ketika waktu sahur.


5.        Fasilitas Kos-Kosan (WC, kasur, lemari, dll)
sumber: www.cullenoaks.com

Dalam memilih kos-kosan, fasilitas kos-kosan memang selalu menjadi perhatian. Semakin bagus fasilitas yang ditawarkan maka tak jarang harga yang ditawarkarkan semakin tinggi pula. Pilihlah kos-kosan yang sudah menyediakan fasilitas awal, seperti kasur, lemari baju, dan meja. Tak jarang ada juga kos-kosan yang hanya menyediakan kamar kos tanpa disertai fasilitas. Hal ini tentunya akan membuat kamu bekerja dua kali karena harus membawa/membeli perabotan untuk di kamar kos. Selain itu, usahakan cari kos-kosan yang terdapat WC di dalam kamar. WC di dalam kamar akan membuat kamu tidak harus menunggu/mengantri ketika harus terdesak menggunakan WC (if u know what I mean). Selain itu jika memiliki WC di dalam kamar, maka kebersihan WC pun dapat kamu kontrol, karena yang memakan WC hanya kamu saja.


6.        Sinyal
sumber: www.geeksandcleats.com

Sinyal saat ini menjadi kebutuhan primer, terutama bagi anak muda yang tidak bisa lepas dari handphone. Baik sinyal telepon atau internet keduanya sangat penting. Walaupun saat ini lebih sering digunakan internet untuk berkomunikasi, tetapi sinyal telepon akan kamu butuhkan ketika keadaan mendesak, seperti: habis quota, menelepon orang tua, menelepon dosen, memesan makanan, dll. Selain itu, sangat penting juga bagi kamu untuk mengetahui sinyal internet provider yang kamu gunakan ketika memilih kos-kosan, kecuali kos-kosan tersebut menyediakan wifi. Karena internet akan sangat diperlukan bagi mahasiswa, terutama dalam hal mengerjakan dan mengumpulkan tugas.


7.        Tukang Foto Kopi
sumber: www.hukumonline.com


Selain fasilitas di kamar kos, kamu juga harus memperhatikan lokasi tukang foto kopi di dekat kos- Walaupun tidak diburuhkan setiap saat, namun ketika kamu dekat dengan tukang foto kopi, maka kamu tidak akan khawatir bila sewaktu-waktu membutuhkannya. Percaya atau tidak kamu bakalan sering mengunjungi tempat tersebut setelah menjadi mahasiswa.

Tips-tips lainnya akan segera menyusul  😁
Previous Post
Next Post

0 komentar: