Jumat, 15 Juli 2016

Kos-Kosan di Jatinangor


Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat dulu untuk temen-temen yang keterima di PTN (walaupun telat) baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Untuk temen-temen yang keterima kuliah di Unpad dan mau ngekos, tentunya banyak yang bingung juga dikarenakan belum terlalu hafal daerah Jatinangor. Daerah Jatinangor sendiri gak luas-luas amat, dan gak sempit-sempit amat. Maklum namanya juga kecamatan.

Di postingan kali ini saya mau berbagi artikel tentang kos-kosan di Jatinangor, syukur-syukur bisa membantu temen-temen yang sedang membutuhkan.




Kos-kosan di Jatinangor sendiri tersebar, jadi gak usah takut kehabisan atau gak kebagian kosan. Untuk harga mulai dari 5 juta sampai 20-an juta, tergantung fasilitas yang kita inginkan. Untuk kos-kosan dengan kamar mandi dalam dengan lokasi dekat kampus sudah bisa didapat mulai dari harga 6jt-an. Langsung aja saya mau bahas daerah-daerah yang ada di maps. Yang pertama.


 Ciseke
Yang Pertama Ciseke, Daerah ini terbagi menjadi Ciseke Kecil dan Ciseke Besar. Ciseke Kecil letaknya dekat dengan kampus, kurang lebih 5 mnt dari gerbang lama. Keuntungan dari daerah ini adalah lokasinya yang dekat dengan kampus, jadi bagi temen-temen yang seneng jalan kaki atau pulang malam bisa sedikit tenang. Selain itu juga mudah untuk mencari makan dan tukang foto kopi. Warung makan di sini banyak yang menyediakan layanan antar makanan ke kamar kost dengan syarat jumlah makanan yang dipesan di atas harga tertentu. Keamanan juga terbilang bagus di Ciseke Kecil karena daerahnya yang selalu ramai. Namun daerah ini sulit dijangkau menggunakan mobil karena jalan yang dilalui adalah gang dengan luas cukup hanya satu mobil, dan kost-kosan di daerah ini tidak ada yang menyediakan tempat parkir mobil. Selain itu, kos-kosan di sini juga memiliki lahan parkir yang kurang luas.

Ciseke Besar kurang lebih memiliki keuntungan yang sama dengan Ciseke Kecil. Hal yang membedakannya adalah jalan di daerah ini lebih luas sedikit disbanding Ciseke Kecil. Namun bagi yang membawa mobil tetap tidak disarankan untuk ngekost di sini. Walaupun di daerah ini ada kos-kosan yang memiliki tempat parkir luas dan lapang parkir. Selain itu, di Ciseke Besar juga terdapat Pujasera yang selalu ramai, kecuali siang hari di Bulan Puasa dan ketika mahasiswa libur.

Hegarmanah
Daerah selanjutnya yaitu Hegarmanah, lokasinya gak terlalu jauh dari kampus. Jalan kaki kurang lebih 10 menit dari Gerlam (gerbang lama) Unpad. Kos-kosan di sini lumayan murah harganya, selain itu di sini banyak kos-kosan yang menyediakan tempat parkir luas dan jalannya juga muat untuk dilalui 1 mobil, namun akan kesulitan ketika ada mobil dari dua arah. Namun jalan menuju kos-kosan ini lumayan menurun, jadi kalau jalan kaki ke kampus mau gak mau harus nanjak.

Gang Mawar
Sesuai dengan namanya daerah ini memang masuk gang. Jadi otomatis gak bisa dilalui oleh mobil. Daerah ini dekat sekali dengan kampus kalau ditempuh dengan berjalan kaki. Terlebih ada jalan khusus (jalan tikus) yang bisa nembus ke Bale Padjadjaran. Kurang dari 5 menit sudah bisa berada di lokasi kampus Unpad. Selain itu, banyak warung makan dekat daerah ini.

Sayang
Kos-kosan di Jalan Sayang banyak dihuni oleh mahasiswa lama/kolot/tua. Jarang sekali mahasiswa baru yang tinggal di sini. Alasannya adalah karena jaraknya lumayan jauh dari kampus bila ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi tenang, jalan ini dilalui oleh angkot, namun apabila hari sudah larut malam, jarang sekali bahkan tidak ada angkot yang lewat. Tapi kalian masih bisa bisa naik ojeg. Bagi temen-temen yang ingin ngekost di sini disarankan untuk memiliki kendaraan karena jaraknya yang lumayan jauh dari kampus. Tapi kos-kosan di sini terbilang cukup murah, dan jalannya dapat dilalui oleh mobil. Terlebih lagi di daerah ini ada perumahan yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk ngontrak rumah, yaitu Puri Indah Jatinangor. Di daerah ini juga banyak warung dan rumah makan. Namun menurut pengalaman saya, sering sekali kehilangan kendaraan bermotor di daerah ini.

Caringin
Untuk temen-temen yang membawa kendaraan roda empat, saya sarankan untuk ngekost di sini. Jalan menuju daerah ini lumayan luas dan banyak kos-kosan yang memiliki lahan parkir yang luas juga. Selain itu, kos-kosan di sini juga bagus dan elegan. Namun untuk yang berjalan kaki sangat tidak disarankan, karena dengan berjalan kaki harus ditempuh kurang lebih 15 menit.


GKPN
Kondisinya kurang lebih sama dengan Caringin, hanya saja lebih jauh sedikit dari Caringin.

Cisaladah
Daerah ini sangat dekat dengan kampus bila dilalui dengan berjalan kaki. Hanya 5 menit sudah bisa sampai ke kampus Fisip atau FIB, karena terdapat jalan tikus. Namun waktu yang dibutuhkan lebih lama kalau menggunakan kendaraan, karena jalan tikus tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Di daerah ini juga banyak warung makan. Selain itu, di sini juga bisa berinteraksi dengan warga sekitar, dan lokasinya dekat dengan SMAN 1 Jatinangor dan SMA PGRI Jatinangor. Namun setahu saya (CMIIW), tidak ada kos-kosan yang menyediakan lahan untuk parkir mobil.

Cikuda
Kos-kosan di sini terbilang bagus dan elegan. Namun harga yang ditawarkan juga sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Selain itu, untuk menuju daerah ini bila berjalan kaki dapat melewati jembatan cincin yang dikelilingi pemandangan indah, namun bila pulang malam lumayan membuat bulu kuduk naik, karena di bawahnya terdapat kuburan. Bila melalui jalan utama, jaraknya cukup jauh. Namun jalannya lumayan besar dan dapat dilalui oleh mobil. Tempat parkir di daerah sini juga cukup luas. Namun untuk yang tidak membawa kendaraan, saya tidak sarankan untuk ngekost di sini, selain jalannya yang nanjak juga tidak ada angkot menuju atas (daerah kos-kosan). Warung makan juga tidak terlalu banyak.

Sukawening
Kos-kosan di sini dekat dengan sawah, dan suasananya nyaman. Kos-kosannya juga terbilang luas untuk harga yang sama di daerah lain. Namun bila berjalan kaki, tidak saya sarankan karena lokasinya lumayan jauh dari kampus.



Previous Post
Next Post

0 komentar: