Sabtu, 06 Agustus 2016

Manfaat dan Kerugian Bermain Pokemon Go

Source: https://www.gatewaytoscience.org/



Akhir-akhir ini, publik telah dihebohkan oleh permainan berbasis smartphone yang dikembangkan oleh Niantic, perusahaan pengembang perangkan lunak asal Amerika Serikat yaitu Pokemon Go. Pro dan kontra terhadap permainan ini tentunya merupakan hal yang lumrah, bahkan beberapa Menteri Kabinet Kerja tampak tidak setuju dengan adanya pokemon go.
Terlepas dari pro dan kontra yang ada, pada kesempatan ini saya mau berbagi manfaat dan kerugian bermain Pokemon Go yang saya dapatkan melalui pengalaman saya sendiri. Beberapa mungkin juga dirasakan oleh teman-teman pembaca.

Manfaat:
1.      Menghilangkan Stress
Ketika sedang dipusingkan dengan rutinitas atau pekerjaan, terkadang kita membutuhkan sebuah hiburan. Dengan bermain Pokemon Go maka beban di pikiran dapat dilupakan sejenak, karena ketika bermain Pokemon Go, pemain akan fokus untuk berjalan dan mencari Pokemon sehingga beban di pikiran pun dapat hilang dan menjadi lebih tenang.

2.      Berkenalan dengan Teman Baru
Ketika bermain Pokemon Go kita dituntut untuk terus bergerak agar dapat menemukan Pokemon, atau sekedar pergi ke gym untuk bertarung. Ketika berada di Pokestop atau gym sering kali saya bertemu orang lain yang sedang bermain Pokemon Go. Pada saat itu tak jarang antar pemain menyapa satu sama lain, berkenalan, atau saling bertanya level atau koleksi Pokemon masing-masing. Siapa tahu juga dapat menemukan jodoh juga di Pokestop atau gym.

3.      Membuat Badan Banyak Bergerak
Dengan bermain Pokemon Go, pemain akan dituntut untuk terus bergerak. Hal ini tentunya berdampak positif bagi kesehatan. Percaya atau tidak, dengan bermain Pokemon Go juga dapat menurunkan berat badan (Syarat dan ketentuan berlaku… hehehe). Karena saat bergerak mencari Pokemon, badan pun ikut berkeringat, terlebih bila bermain sambil berlari atau bahkan bersepeda.

4.      Menemukan Jalan atau Tempat Baru
Dalam permainan Pokemon Go, terdapat sebuah tempat yang dinamakan Pokestop. Pokestop merupakan tempat untuk mendapatkan item atau barang yang dibutuhkan pemain. Pokestop itu sendiri ditempatkan di beberapa tempat yang belum kita kenal. Oleh karena itu, dengan bermain Pokemon Go, pemain akan menemukan jalan baru atau bahkan tempat baru yang keren.

5.      Nostalgia Pokemon
Seiring bertambahnya usia, terkadang kita merasa rindu dengan hal-hal yang ada  saat masa kecil. Begitu pula dengan Pokemon yang sangat popular ketika masa kanak-kanak, baik itu berupa game atau film. Dengan bermain Pokemon Go, maka akan mengingatkan kita pada masa lalu kita dan membangkitkan kenangan-kenangan akan Pokemon itu sendiri.

6.      Rajin Beribadah
Ketika kehabisan item atau Pokeball ktia diharuskan untuk mencarinya di Pokestop. Pokestop itu sendiri sering terdapat di tempat yang terkenal atau tempat-tempat ikonik lainnya. Salah satunya adalah rumah ibadah, seperti masjid, mushola, gereja, vihara, dll. Percaya atau tidak, ketika saya kehabisan Pokeball sering kali saya menjadi rajin mengunjungi masjid selain mendapatkan tambahan Pokeball juga sekalian beribadah.

7.      Menambah Bahan Obrolan dengan Teman
Dengan populernya Pokemon go, banyak teman saya yang ikut bermain, sekedar mencoba game tersebut, atau hanya iseng membaca artikel tentang Pokemon  Go. Dengan demikian, ketika bertemu teman sesame pemain Pokemon Go, akan ada bahan obrolan baru yaitu Pokemon Go. Baik sekedar melihat sejauh mana kamu bermain, saling menanyakan level, koleksi pokemon, atau bahkan membuat joke tentang pokemon.

Kerugian:

1.      Menghabiskan Waktu
Pada dasarnya setiap aktivitas apapun akan memakan waktu kita. Termasuk bermain Pokemon Go. Namun apabila bermain tanpa mengenal waktu sangat disayangkan karena waktu kita akan terbuang banyak hanya demi sebuah permainan. Jadi silahkan saja bermain Pokemon Go asal dapat mengenal batasan-batasan, seperti ingat waktu makan, bekerja, sekolah, beribadah, bersosialisasi dengan orang lain, dll. Jangan sampai dengan bermain game membuatmu menyesal di kemudian hari.

2.      Menghabiskan Quota Internet dan Baterai Smartphone
Permainan Pokemon Go pada dasarnya membutuhkan koneksi internet di smartphone. Maka dari itu, bermain Pokemon Go tentunya akan menguras cukup banyak quota internet bila dimainkan terlalu sering. Hal itu khususnya berlaku bagi pelajar, terutama anak kost. Jangan sampai mengorbankan jatah makan untuk membeli quota internet.

Ketika bermain Pokemon Go, selain memiliki koneksi internet smartphone juga diharuskan untuk memiliki fitur GPS. Dengan bermain Pokemon Go, maka GPS dan paket data akan terus aktif. Hal itu tentunya akan membuat baterai smartphone cepat habis. Terlebih bagi orang-orang yang sedang bepergian, terutama yang tidak membawa charger atau power bank. Jangan sampai baterai smartphone terkuras demi bermain Pokemon Go dan smartphone tidak dapat digunakan ketika dibutuhkan.

3.      Membahayakan Diri
Hal ini pernah saya alami sendiri. Karena fokus mencari pokestop, saya hampir tidak memerhatikan jalanan dan hampir membuat celaka diri saya maupun orang lain. Sangat tidak dianjurkan bermain Pokemon Go ketika berada di jalan, terutama ketika mengemudi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berita kecelakaan akibat bermain Pokemon Go sambil mengemudi. Jangan sampai tujuan awal ingin mencari kesenangan, namun berujung pada kesengsaraan, bahkan kematian.

4.      Memancing Tindakan Kriminal
Bermain Pokemon Go mengharuskan pemain untuk terus melihat layar smartphone. Hal ini membuat pemain harus mengeluarkan smartphone dari saku atau tasnya. Tentunya akan memancing orang-orang jahat untuk melakukan tindakan kejahatan. Terlebih bila smartphone yang digunakan berharga mahal. Pelaku tindakan kejahatan akan menjadikan pemain sebagai target sasaran, terlebih bila pemain sedang lengah dan berada di tempat yang sepi.

Previous Post
Next Post

0 komentar: