Kamis, 15 Oktober 2015

Kuliah : Realita vs FTV



http://www.rhl.org 
Zaman sekarang sering banget FTV menampilkan kehidupan anak kuliah, namun kalau diperhatikan ceritanya sangat jauh dengan kehidupan nyata para mahasiswa. Kalau diceritakan yang sebenarnya tentang kehidupan anak kuliah, sedih pokoknya. Di post ini, gue mau berbagi pengalaman perbedaan kehidupan mahasiswa yang sebenernya dengan kehidupan mahasiswa di FTV.

1.      Kuliah di FTV sebagian besar menampilkan kehidupan percintaan mahasiswa
Hal ini memang gak bisa dipungkiri lagi. Dari awal sampai akhir film, sebagian besar menceritakan perjuangan seorang laki-laki untuk bisa bersama seorang perempuan yang dia suka. Padahal kenyataannya, kehidupan percintaan mahasiswa tidaklah sedominan yang ditampilkan di FTV, bahkan nyaris beberapa mahasiswa (termasuk gue) tidak mengalami kehidupan percintaan di kampus (kasian banget).



2.      Kehidupan anak Kost
Hal yang satu ini memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Sebagai contoh, 75% mahasiswa di kelas gue adalah anak kos. Di FTV sendiri kebanyakan kehidupan mahasiswa yang ditampilkan adalah kehidupan mahasiswa yang tinggal sama orang tuanya, pulang pergi kuliah pakai mobil. Padahal kenyataannya, banyak mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tuanya, pulang pergi jalan kaki dan paling enak juga ngampus pakai motor.

3.      Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan
Kehidupan mahasiswa di FTV sebagian besar digambarkan kuliah-nongkrong-pacaran-pulang. Kenyataannya selain harus kuliah dan belajar, mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengembangkan softskill. Salah satu caranya adalah dengan ikut organisasi, misalnya HIMA, BEM, UKM atau bahkan organisasi eksternal. Untuk kamu yang suka berorganisasi kehidupan kuliah kamu akan lebih bermakna, bahkan akan punya banyak cerita yang dapat dibagi ke temen, keluarga, bahkan di masa depan bisa jadi cerita yang menarik untuk anak cucu.

4.      Banyaknya Tugas
Meskipun dituntut untuk mengembangkan softskill, satu hal yang akan selalu terikat sama mahasiswa adalah tugas. Tugas sudah seperti makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Apalagi tugas yang diberikan tidak cukup dikerjakan dalam waktu 1-2 jam. Bahkan tidak jarang mahasiswa yang begadang dan tidur hanya 2 jam dalam sehari dikarenakan banyaknya tugas. Namun hal ini jarang sekali disorot di FTV, sehingga terkesan bahwa kehidupan mahasiswa itu bebas dan santai. Padahal kalau diceritakan yang sebenernya hanya ada satu kata yang dapat menggambarkan kehidupan mahasiswa “sedih”.

5.      Skripsi
Sampai juga pada bagian yang menjadi nightmare bagi semua mahasiswa yaitu skripsi. Semua mahasiswa pasti bakal merasakan bagaimana kejamnya skripsi ini. Meskipun saya sendiri belum lulus bahkan masih lama, tapi setelah banyak mendengar cerita dari teman maupun senior, skripsi akan selalu jadi mimpi buruk mahasiswa sampai mereka lulus. 

Pokoknya kehidupan mahasiswa itu sedih kalau diceritakan. Jangan terpengaruh dengan sinetron yang hanya menampilkan sebagian sisi kehidupan perkuliahan, tapi tanya juga orang tua, saudara, temen, pacar, atau mungkin kecengan kamu bagaimana seluk beluk kehidupan perkuliahan yang sebenarnya. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: