Rabu, 23 Desember 2015

Berbagi Cerita Seputar SBMPTN


Setelah sekian lama menghilang dari dunia perblogan, akhirnya gue bisa menyempatkan waktu lagi untuk menulis. Kali ini gue mau kasih tips dan berbagi kisah, terutama buat dulur-dulur yang lagi berjuang melawan SBMPTN.

Walaupun SBMPTN masih lumayan lama, tapi gak ada salahnya kalau kalian melakukan persiapan dengan sangat matang. Perlu diingat juga ya untuk bisa lolos SBMPTN, tingkat intelegensi seseorang gak bisa dijadikan tolak ukur mutlak. Hal lainnya yang sangat penting adalah stretegi. Semoga postingan ini bisa berguna buat elo-elo terutama yang mau menghadapi SBMPTN.

1.     Persiapkan dari jauh-jauh hari
Walaupun SBMPTN masih lumayan lama, tapi persiapan yang matang akan lebih membantu kalian. Walaupun banyak temen-temen gue sendiri yang mempersiapkan SBMPTN Cuma 1 bulan, bahkan ada yang gak punya persiapan apa-apa tapi bisa lolos. Tapi yang paling penting untuk mempersiapkan dari jau-jauh hari karena materi yang diujikan dari kelas 1 – 3 SMA, dan soal yang keluar pun gak bakalan bisa ditebak, gak bakalan ada prediksi soal yang 100% sama.  Jadi mau gak mau paitnya harus nguasai materi dari kelas 1 – 3 SMA.

2.      Belajar jangan lama-lama, tapi sering
Untuk masalah yang belajar, menurut gue terlalu lama pun gak baik karena bakalan bikin otak pusing dan mood pun malah jadi jelek. Yang penting adalah kontinuitas dalam belajar. Waktu gue mau SBMPTN, paling lama belajar dalam 1 hari Cuma 2 jam. Tapi gue lakuin terus-menerus hamper tiap hari. Karena dengan sedikitnya materi yang masuk ke otak dalam sehari, beban pikiran gak bakal terlalu banyak dan materinya bisa dicerna dan diingat dengan mudah.

3.      Strategi Pemilihan Jurusan
Faktor yang penting lainnya adalah strategi pemilihan jurusan. Kenapa? Karena banyak orang pinter gak keterima di PTN bukan karena gak mampu, tapi karena strategi pemilihan jurusannya yang kurang baik. Saran dari gue, untuk pilihan 1 pilih jurusan yang paling disukai atau emang bener-bener pingin masuk ke situ. Pilihan 2 pilih jurusan yang lo minat tapi passing grade atau jumlah peminat tahun lalu lebih rendah. Pilihan 3 pilih jurusan dengan passing grade kecil tapi jurusan itu bener-bener lo minat. Intinya semua jurusan yang dipilih harus diminati karena gak jarang di tahun depan ada mahasiswa coba SBMPTN lagi gara-gara salah pilih jurusan. Selain rugi waktu lo juga bakal rugi materi, karena kocek yang dikeluarkan orang tua untuk kuliah itu gak murah juga. Dan kalau pindah ke tempat lain lo bakal jadi maba lagi yang pasti harus menghadapi ospek dan kegiatan-kegiatan lain untuk maba. Untuk strategi pemilihan jurusan gue kasih contoh :
Pilihan 1 Jurusan A dengan passing grade > 45% peminat > 4000. Jurusan 2 pasing grade 30-40% dengan peminat kurang dari 4000, lebih dari 1000. Jurusan 3 passing grade di bawah 30% dan peminat kurang dari 1000. Dan sedikit info, passing grade itu gak bisa dipercaya 100% untuk jadi tolak ukur, karena hasil SBMPTN sendiri masih jadi misteri sampai sekarang dan biasanya passing grade itu dikeluarkan oleh bimbel-bimbel untuk dijaddin tolak ukur siswanya.

4.      Fokus pada pelajaran yang dikuasai dan disukai
Untuk mata pelajaran yang diuji pada SBMPTN itu sendiri terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA/TBS dan mata pelajaran jurusan IPA (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika IPA), IPS (Sejarah, Geografi, Sosiologi. Ekonomi), sedangkan untuk yang ambil IPC, maka mata pelajaran IPA dan IPS dua-duanya ada. Karena gak semua orang menguasai semua pelajaran, maka gue sarankan untuk fokus pada pelajaran yang emang bener-bener lo suka dan usahakan optimalkan di TPA/TBS karena soalnya yang banyak dan kemungkinan bisa ngejawabnya besar banget, jadi kalo bisa isi banyak poinnya besar banget.. Untuk pelajaran yang gak dikuasai atau gak disukai, gue saranin untuk belajar bab yang mudah aja, jadi lo bisa gunain waktu untuk pelajaran yang lo suka.

5.      H-1 Istirahat dan senang-senang
Poin ini menurut gue sangat penting. H-1 SBMPTN usahakan lo dalam kondisi yang fit, bahkan kalau bisa seharian jangan ke mana-mana alias mager di rumah. Ketika kondisi tubuh lo gak 100% fit bakal ngeganggu banget ketika ngerjain soal, dan bikin konsentrasi juga berkurang.

6.      Strategi mengisi lembar jawaban
Pada saat ngisi lembar jawaban, usahakan fokus pada pelajaran dan soal yang bener-bener dikuasai dulu. Untuk pelajaran yang kurang menguasai, gue sarankan diisi belakangan, karena sayang kalau waktu habis Cuma karena mikirin sesuatu yang gak bisa diselesaikan. Waktu dulu gue SBMPTN, gue isi dulu TPA/TBS karena soalnya yang bisa dibilang gak terlalu sulit dan ngerjainnya pun ada trik-trik yang bisa buat ngerjain soalnya jadi cepet. Untuk pelajaran dan soal yang bener-bener gak bisa dijawab, lebih baik dikosongkan, soalnya kalau salah lumayan juga jatuhnya jadi minus. Perlu diingat juga bahwa nilai mati atau minimal harus bener satu soal di tiap pelajaran itu gak ada. Temen gue aja banyak yang gak ngisi satu pun soal pada pelajaran tertentu tapi bisa lolos.

7.      Minta doa orang tua
Dan yang terakhir sebelum berangkat menuju medan tempur jangan lupa minta doa orang tua atau orang-orang terdekat, percaya gak percaya kekuatan doa ini merupakan salah satu faktor kesuksesan setiap orang, terutama doa dari orang tua.


Nah, demikianlah kisah dan tips yang dapat gue bagikan. Semoga bermanfaat, terutama buat yang bakal jadi pejuang SBMPTN ! がんばって!

Previous Post
Next Post

0 komentar: