Kamis, 07 Januari 2016

Pantai Ujung Genteng

Namanya mungkin tidak sepopuler Pelabuhan Ratu atau Pagandaran, tapi pantai ini menyimpan keindahan yang tidak kalahnya juga. Lokasinya terletak di Barat Daya Pulau Jawa, tepatnya kurang lebih 100 km dari Kota Sukabumi.

Cimahi - Ujung Genteng

Untuk menuju Pantai Ujung Genteng kurang lebih menghabiskan waktu selama 6-9 jam menggunakan mobil dari Kota Cimahi, Jawa Barat. Namun untuk musim liburan bisa lebih dari 10 jam karena jalur tersebut banyak digunakan oleh orang-orang yang hendak berlibur, baik menuju Jabodetabek maupun ke Pangandaran. Setelah tiba di lokasi, hal pertama yang sangat disarankan adalah mencari penginapan. Untuk masalah harga, penginapan di Pantai Ujung Genteng ini terbilang tidak mahal, namun juga tidak murah. Berkisar antara 150 ribu – 1 juta per malam, tergantung fasilitas yang disediakan. Untuk penginapan yang saya gunakan 750 ribu per malam (namanya saya lupa). Fasilitas yang tersedia antara lain, 2 kamar ukuran ± 3 x 3 meter dilengkapi dengan AC. Selain itu terdapat 1 buah toilet dan TV. Dipilihnya penginapan ini karena tempatnya yang bersih dan berhadapan langsung dengan pantai.


Untuk masalah kemashlatan perut, pengunjung tidak usah khawatir. Di sepanjang jalan Pantai Ujung Genteng pengunjung dapat menemukan rumah makan atau restoran dengan harga yang bervariasi. Mulai dari warung makan kelas ekonomi sampai restoran mewah pun sudah tersedia. Selain itu, di beberapa penginapan atau pondok, pengunjung dapat memesan makanan sehingga pengunjung tidak usah jauh-jauh mencari makan. Namun terkadang ada rumah makan yang hanya buka sampai jam 9 malam atau bahkan makanan sudah habis. Sedikit informasi, untuk porsi 1x makan di Ujung Genteng ± membutuhkan biaya minimal 25 ribu dan untuk menu makanan karena lokasinya di Pantai maka sebagian besar adalah menu Sea Food. Tapi untuk yang alergi Sea Food tidak usah khawatir, karena di setiap rumah makan pasti ada menu yang bisa kamu nikmati tanpa harus terkena alergi.

Sedikit tips yang cukup penting. Bagi pengunjung sangat disarankan untuk membawa bekal snack atau minuman yang cukup karena di sini minarket lumayan jauh dan harga barang di warung terbilang mahal. Jadi untuk yang mau menghemat sebaiknya sebelum memasuki pantai bisa mampir ke minimarket terdekat dan siapkan amunisi seperlunya.

Untuk objek wisata di Pantai Ujung Genteng pengunjung tidak hanya disuguhkan oleh hamparan pasir, di sini terdapat berbagai macam objek wisata yang tentunya dapat melengkapi liburan pengunjungnya. Objek wisata tersebut antara lain, pantai pasir putih, penangkaran penyu, dan curug / air terjun. Salah satu tempat favorit adalah Pantai Pangumbahan. Di sini pengunjung dapat melihat hamparan pasir putih yang halus, luas dan masih alami. Saat akan memasukin kawasan ini, pengunjung akan disarankan untuk tidak berenang karena ombak di sini cukup tinggi yaitu 2 – 3 meter.

Pantai Pangumbahan

Objek wisata favorit lainnya adalah Penangkaran Penyu yang terletak di Pantai Pangumbahan. Di sini pengunjung dapat melihat langsung penyu-penyu yang dilindungi, bahkan bila beruntung pengunjung dapat melihat secara langsung proses pelepasan penyu ke laut. Namun perlu diingat pada saat proses pelepasan diharapkan untuk tidak mengambil foto terlalu dekat, apalagi sampai menyentuh bayi penyu karena dapat menghambat proses pelepasan tersebut.  Untuk bias menuju penangkaran penyu ini, pengunjung dapat menggunakan mobil, motor, atau berjalan kaki, namun sangat disarankan agar menggunakan mobil karena lokasinya yang cukup jauh dari kawasan penginapan, juga jalan yang dilalui belum cukup bagus.

Pelepasan Penyu


Selain terdapat pantai, kurang lebih 30 km dari Pantai Ujung Genteng terdapat curug / air, yaitu Curug Cikaso. Tempat ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi karena kawasan ini masih terjaga kelestariannya dan lokasinya yang sejalur dengan Pantai Ujung Genteng.

Curug Cikaso
Source : alampriangan.wordpress.com

             Di sepanjang jalan menuju pantai, pengunjung juga disuguhi oleh pemandangan yang cukup memanjakan mata. Bahkan di jalan dekat pantai pengunjung dapat melihat bukit-bukit yang mirip bukit teletubbies disertai dengan sapi-sapi yang sedang merumput. Namun Pantai Ujung Genteng tentunya bukanlah surga yang tidak memiliki kekurangan. Sangat disayangkan banyak pengunjung yang tidak bertanggungjawab membuang sampah sembarangan sehingga merusak keindahan pantai. Selain itu, bila kita rajin browsing di internet, sering kali terjadi peristiwa yang tidak diharapkan ketika menginap di Ujung Genteng, seperti kehilangan barang. Maka dari itu bagi yang hendak mengunjungi Pantai Ujung Genteng ada baiknya untuk bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dalam memilih penginapan atau hindari penginapan yang sepi, jauh dari keramaian.


Cukup sekian kisah seputar Pantai Ujung Genteng, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi yang mau liburan ke Pantai Ujung Genteng.
Previous Post
Next Post

1 komentar:

  1. Sama-sama Gan
    Share juga pengalamannya kalau sudah ke sana ya :D

    BalasHapus